Greater Education Research & Development

Pelatihan dan pengembangan sering kita dengar dalam dunia kerja di perusahaan, organisasi, lembaga, atau bahkan dalam instansi pendidikan. Hasil pendesainan pada prototipe pertama yang dikembangkan atas dasar self analysis diberikan pada pakar (expert assessment) dan siswa (one-to-one) secara paralel. Kedua, penelitian yang dipusatkan pada pengkajian terhadap program pengembangan yang dilakukan sebelumnya.

Pada tahap ini, peneliti akan menentukan tempat dan subjek penelitian seperti dengan cara menghubungi kepala sekolah dan guru mata pelajaran disekolah yang akan menjadi lokasi penelitian. 2) Untuk menentukan apakah kegiatan-kegiatan pelatihan perlu dilanjutkan.

Sedangkan Borg and Gall (1983:772) mendefinisikan penelitian pengembangan sebagai proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. 1. Bertanya kepada key person tentang kompetensi apa yang harus dimiliki sesuai dengan jabatannya. Rotasi jabatan: memperluas latar belakang peserta dalam bisnis dengan berpindah pekerjaan sepanjang periode enam bulan hingga dua tahun.

Kemampuan teknis merupakan kemampuan karyawan dalam menggunakan peralatan yang ada di dalanm perusahaan. Meski demikian, tidak berarti bahwa materi tersebut selalu cocok untk setiap peserta dan setiap situasi. Uji coba dan penyempurnaan pada tahap produk awal masih difokuskan kepada pengembangan dan penyempurnaan materi produk, belum memperhatikan kelayakan dalam konteks populasi.

Studi literatur juga akan meberikan gambaran hasil-hasil penelitian terdahulu yang bisa sebagai bahan perbandingan untuk mengembangkan suatu produk tertentu. Setelah dihasilkan suatu produk final yang sudah teruji keampuhannya, langkah selanjutnya adalah desiminasi, implementasi, dan institusionalisasi.