Dwell Scores

Secara umum group development dapat didefinisikan sebagai kegiatan pengembangan masyarakat yang diarahkan untuk memperbesar akses masyarakat untuk mencapai kondisi sosial-ekonomi-budaya yang lebih baik apabila dibandingkan dengan sebelum adanya kegiatan pembangunan. 6. Menyusun skala prioritas dari kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan dan dirumuskan sebagai kurikulum pelatihan. Pengembangan (development) diartikan sebagai penyiapan individu untuk memikul tanggung jawab yang berbeda atau lebih tinggi di dalam organisasi.

2. Memberi kesempatan kepada peserta untuk me­nyumbangkan pemikiran dan saran saran serta penilaian terhadap efektifitas program pelatihan yang dilaksanakan. Mengidentifikasi bahwa jenis pelatihan dan metode yang dipilih sesuai dengan materi pelatihan. Pada tahap pertama organisasi memerlukan fase penilaian yang ditandai dengan satu kegatan utama yaitu analsis kebutuhan pelatihan.

Kelayakan populasi dilakukan dalam uji coba dan penyempurnaan produk yang telah disempurnakan. Keberadaan berbagai divisi berimplikasi pada kebutuhan pelatihan yang bisa berbeda-beda antara divisi yang satu dengan yang lain. Sedangkan menurut Gary Dessler (1997:263) pelatihan merupakan proses mengajarkan karyawan baru atau yang ada sekarang, keterampilan dasar yang mereka butuhkan unutk menjalankan pekerjaan mereka.

The efforts of the IPDC have had an essential impact on a broad range of fields covering, among others, the promotion of media independence and pluralism, development of neighborhood media, radio and television organizations, modernization of nationwide and regional news companies, and training of media professionals.

Tahap ini merupakan langkah awal penelitian pengembangan. Latihan laboratorium: meningkatkan sensitivitas antar pribadi dengan menuntut diskudi yang terbuka dan jujur tentang perasaan, sikap dan perilaku peserta latihan. 5) Untuk menambah reputasi dan pengaruh daripada bagian pelatihan.