Baby’s Development Milestones

Dalam prosesnya analisa jabatan akan menghasilkan sebuah uraian jabatan. Evaluasi pelatihan dan pengembangan adalah usaha pengumpulan informasi dan penjajagan informasi untuk menge­tahui dan memutuskan cara yang efektif dalam menggunakan sumber sumber latihan yang terse­dia guna mencapai tujuan pelatihan secara keselu­ruhan.

Desain yang digunakan adalah pretest dan posttest. Pada J. van den Akker, R.Branch, K. Gustafson, Nieven, dan T. Plomp (eds), Design Approaches and Instruments in Schooling and Coaching (pp. Sedangkan Plomp (1999) menambahkan kriteria dapat menunjukkan nilai tambah” selain ketiga kriteria tersebut.

Produk yang telah diujicobakan pada uji lapangan haruslah produk yang telah memenuhi kriteria kualitas. Pada dasarnya evaluasi mingguan ini sama dengan evaluasi harian, hanya saja cakupan wak­tu pelaksanaan evaluasi yang lebih lama. Proses pengembangan, validasi, dan uji coba lapangan tersebut seyogyanya dideskripsikan secara jelas, sehingga dapat dipertanggung jawabkan secara akademik.

H) Pengertian pelatihan dan pengembangan pegawai, dikemukakan oleh Adrew E. Sikula (1981 : 227) training is brief-terms academic course of utilizing a systematic and arranged process by which non managerial personnel study technical information and expertise for a particular objective.

Bukti empiris yang jelas menunjukkan tentang kepraktisan dan efektivitas dari intervensi. 5. Menentukan faktor lain yang berpengaruh terhadap kinerja jabatan tersebut seperti desain jabatan, sumber daya yang tersedia. 3. Sikap dan keterampilan instruktur, yaitu apakah instruktur mempunyai sikap dan keterampilan yang mendorong orang untuk belajar.